Tim Asesor BAN-PT Visitasi Lapangan Daring Prodi Akuntansi FE UTU
  • Prodi Akuntansi
  • 09. 04. 2021
  • 0
  • 219

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar menerima kunjungan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka asesmen lapangan secara daring melalui Zoom Meeting, Rabu (07/04/2021).

Dalam asesmen lapangan tersebut, BAN-PT menugaskan Tim Asesor yang terdiri dari 2 (dua) orang yaitu: Dr. Efrizal Syofyan, S.E., M.Si., Ak., CA (Universitas Negeri Padang) dan Dr. Nurna Aziza, S.E., M.Si., Ak., CA (Universitas Bengkulu).

Tim akreditasi dari Prodi Akuntansi telah mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk proses akreditasi sejak tahun 2020 lalu. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. T. Zulham, S.E., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan menerima masukan dari para asesor untuk peningkatan pelayanan kepada seluruh stakeholder Fakultas Ekonomi UTU, khususnya Program Studi Akuntansi. Turut hadir dalam acara pembukaan Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, S.E., M.B.A.

Sementara itu, Dr. Efrizal Syofyan, S.E., M.Si., Ak., CA  mewakili Tim Asesor dalam sambutannya menyampaikan bahwa asesmen lapangan yang dilakukan BAN-PT bukan untuk investigasi, melainkan untuk mengonfirmasi dan memastikan bahwa apa yang ditulis dalam LED dan LKPS yang telah dikirimkan ke BAN-PT merujuk kepada bukti dokumen yang ada.

Hari pertama dimulai dengan acara pembukaan yang diawali dengan sambutan Rektor Universitas Teuku Umar dan Dekan Fakultas Ekonomi UTU. Kegiatan dilanjutkan dengan konfirmasi data dan informasi terkait borang, diantaranya Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), Laporan Evaluasi Diri (LED) serta dokumen pendukung lainnya. Pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan agenda wawancara bersama para dosen dan mahasiswa. Sementara itu, agenda wawancara bersama pengguna lulusan (user) tidak dilaksanakan karena Prodi Akuntansi belum memiliki lulusan atau alumni, sehingga kegiatan asesmen lapangan berlangsung lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Hari kedua diakhiri dengan agenda penandatanganan berita acara asesmen lapangan daring oleh Dekan FE UTU dan Ketua Prodi Akuntansi FE UTU.

Kegiatan asesmen lapangan tersebut berlangsung selama 2 hari (07-08 April 2021) mulai pukul 08.00-17.30 WIB, bertempat di Ruang Rapat Utama Gedung Terintegrasi UTU dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada akhir kegiatan asesmen lapangan, Tim Asesor menyampaikan hasil dan memberikan rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh Fakultas maupun Program Studi Akuntansi. Dekan FE UTU berharap bahwa kerja keras sejak penyusunan borang sampai dilakukan asesmen lapangan oleh Tim Asesor BAN-PT dapat mendatangkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Hasil akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT nantinya diharapkan dapat memacu para civitas akademika untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan dan beragam sarana pendukung pendidikan lainnya.

Agenda asesmen lapangan pada Prodi Akuntansi terlaksana dengan sangat baik dan penuh nuansa keakraban (DW).

 

Lainnya :