Enam Mahasiswa UTU Sukses Laksanakan KKN Kebangsaan di Kalimatan Tengah
  • UTU News
  • 19. 08. 2022
  • 0
  • 563

MEULABOH, UTU – Sebanyak enam mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang bergabung dalam program KKN Kebangsaan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah secara resmi dijemput oleh Koordinator Pusat KKN dan Magang UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M.Kes di Universitas Palangka Raya, Jumat 19/08/2022.

“Setelah 30 hari melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di 100 desa di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, akhirnya hari ini resmi kita jemput mahasiswa UTU untuk kembali ke Meulaboh, Aceh Barat,” Ungkap Korpus KKN dan Magang UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M.Kes.

Menurutnya, sebanyak 2.331 mahasiswa dari 73 perguruan tinggi di Indonesia telah sukses melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan KKN Kebangsaan, Dr. Aswin Usup mengatakan kepada ribuan mahasiswa agar pengalaman yang berharga yang didapatkan dari KKN tersebut agar bisa diceritkan kepada mahasiswa-mahasiswa lain di kampusnya.

“Tentu tidak hanya pengalaman, tapi juga banyak karya inovasi yang telah dihasilkan oleh kelompok KKN Kebangsaan ini yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat desa. Harapannya juga karya inovasi yang telah dihasilkan tersebut, juga bisa bermanfaat untuk kemajuan desa itu sendiri,” Ucapnya.

Adapun sebanyak enam mahasiswa UTU yang mengikuti KKN Kebangsaan adalah Iskandar Muda mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Sosiologi, Alfajri As’ad Lubis dari Prodi Akuakultur, Dimas Kusmayadi dari Prodi Perikanan, Romaidar dari Prodi Manajemen, Riski Asnif dari Prodi Teknik Industri, dan Saiful Anwar dari Prodi Agribisnis.

Ada yang menarik pada kegiatan sesi pemulangan tersebut, satu orang mahasiswa UTU, Dimas Kusmayandi (Prodi Perikanan) mendapatkan sebuah jaket Sekolah Staf Kepresidenan yang diberikan langsung oleh Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P selaku Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia.

Untuk diketahui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan merupakan program dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bekerjasama dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan melibatkan semua Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dan beberapa perguruan tinggi swasta yang memenuhi kriteria sebagai perguruan tinggi peserta KKN Kebangsaan. Peserta KKN Kebangsaan ini merupakan mahasiswa perwakilan dari universitas se-Indonesia yang telah diseleksi sesuai bidang keahlian yang dibutuhkan di lokasi KKN. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat bersinergi dan mengabdi dalam membangun bangsa. **

Lainnya :